← Back

Catat Daftarnya, Ini 7 Wisata Kuliner Surabaya Yang Enak Dan Murah

Wisata kuliner di kota yang terkenal dengan kota pahlawan dan juga ikon patung sura dan bayanya ini akan sangat menyenangkan sekaligus menantang.

Karena jika kita pergi ke kota pahlawan sangat ramai jika kita tidak mengeksplor wisata kuliner surabaya yang begitu beragam, enak dan murah.

7 Wisata Kuliner Surabaya Yang Enak & Murah

Di Surabaya sendiri terdapat banyak sekali wisata kuliner yang sangat terkenal dikalangan para wisatawan.

Jika kamu ingin berkunjung ke Surabaya, berikut ini kita sudah merangkum 7 wisata kuliner Surabaya yang bisa kamu kunjungi.

1. Rujak Cingur Joko Dolog

Rujak Cingur Surabaya Joko Dolog

Salah satu kuliner Surabaya yang wajib dan tidak boleh dilewatkan adalah rujak cingur. Kuliner ini tidak hanya terkenal dikalangan warga Surabaya saja, namun juga terkenal dikalangan wisatawan. Yang membuat rujak cingur ini terkenal karena terdapat cingur atau lidah sapi didalam hidangan rujak tersebut.

Rujak cingur Joko Dolog merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang menjual rujak cingur dikota Surabaya. Walaupun tempatnya sederhana, namun harganya terjangkau, hanya Rp 26.000,-/porsi.
Jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa datang ke Jalan Taman Apsari, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng.

2. Lontong Kupang Bu Wito

LONTONG KUPANG BU WITO ASLI SURABAYA

Lontong kupang selain lontong dan irisan kupang yang menjadi bahan dasar, lontong kupang akan terasa kurang lengkap apabila tidak disajikan dengan sate kerang.
Untuk kamu yang ingin mencoba mencicipi lontong kupang, kamu bisa datang ke lontong kupangnya bu Wito. Satu porsi lontong kupang bu Wito dibanderol dengan harga Rp 10.000,- sampai Rp 12.000,-/porsi, cukup murah bukan?. Kamu bisa mengunjungi alamat lontong kupang bu Wito yang berada di Jalan Raya Tenggilis No 128, Tenggilis Mejoyo, kecamatan Tenggilis Mejoyo.

3. Lontong Balap Pak Gendut


LONTONG BALAP ASLI PAK GENDUT KHAS SURABAYA

Sama dengan lontong kupang, lontong balap juga menggunakan lontong sebagai isian utamanya. Hanya saja lontong balap tidak menambahkan kupang namun menambahkan beberapa topping seperti taoge, tahu goreng, lentho, kecambah, kuah segar, kecap, dan juga bawang goreng.

Salah satu tempat kuliner lontong balap yang terkenal dan legend adalah lontong balap pak Gendut, yang sudah berdiri sejak tahun 1958 dan sudah memiliki beberapa cabang.

Lontong balap Pak Gendut bisa kamu temui di Jalan Prof. Dr. Moestopo No 11, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari untuk pusat. Kamu juga bisa mampir ke cabangnya yang berada di Jalan Raya Kandangan No 22 Benowo atau ke Jalan Embong Malang No 38, Genteng, Kecamatan Genteng.

4. Rawon Pak Pangat


RAWON PAK PANGAT WONOKROMO

Kuliner yang memiliki ciri khas warna gelap atau cokelat tua ini karena terdapat campuran bumbu yang khas yaitu kluwek ini, juga tidak kalah terkenal dari rujak cingur. Kuliner rawon ini juga identik dengan daging yang digunakan sebagai bahan dasarnya.
Jika ingin mencicipi rawon kamu bisa coba rawon Pak Pangat yang terletak di Jalan Ketintang Baru Selatan I No 15, Ketintang, Kecamatan Gayungan.

Harga satu porsi rawon pak Pangat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 23.000,-/porsi. Di rawon pak pangat sendiri menawarkan tiga varian menu rawon, yaitu rawon kremgsengan, rason suwir, dan rawon campur.

5. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH ASLI SURABAYA

Sate klopo ondomohen ini merupakan sate daging sapi, ayam, udang, atau usus yang sudah dibumbui dengan klopo sangrai, dalam Bahasa Indonesia klopo artinya kelapa. Lalu dibakar dan diberi dengan saos atau bumbu kacang pada umumnya.

Sate klopo ini harganya cukup ramah dikantong dengan harga sekitar Rp 20.000,-/porsi saja kamu sudah dapat menikmati sate klopo ondomehen ini. Kamu bisa menemukan sate klopo ondomehen di Jalan Walikota Mustajab No 36

6. Zangrandi Ice Cream


ZANGRANDI ICE CREAM SURABAYA

Kuliner Surabaya selain rujak cingur dan rawonnya yang sangat terkenal dikalangan pecinta kuliner, ternyata zangrandi ice cream juga terkenal dikalangan pecinta kuliner loh!. Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke kota pahlawan tanpa mampir dulu ke Zangrandi untuk menikmati kesegaran es krimnya.

Zangrandi ice cream ini sudah ada sejak tahun 1930 didirikan oleh Roberto Zangrandi , namun pada tahun 1960 ketika Zangrandi memutuskan untuk kembali ke Italia, kedai sekaligus resep es krim zangrandi ini dibeli oleh Adi Tanumilia.

Apabila kamu berkunjung ke Surabaya dan ingin menikmati kelezatan es krim Zangrandi, kamu bisa datang ke kedai es krim Zangrandi yang berada di Jalan Yos Sudarso No 15, Es krim Zangrandi dijual dengan harga mulai dari Rp 24.000,-

7. Kepiting Cak Gundul

KEPITING CAK GANDUL KULINER KHAS SURABAYA

Buat para pecinta kuliner kepiting wajib banget datang ke kepiting cak gundul Surabaya yang berada di Jalan Raya Kupang Indah No 45 CD, Sonokwijenan, Suko Manunggal.
Selain itu kepiting cak gundul ini ternyata juga memiliki cabang diluar kota Surabaya, yaitu Bandung, Semarang, Jakarta, jogja dan juga Sidoarjo.

Untuk harga kepiting sendiri disini harganya cukup murah dibanderol dengan harga mulai dari Rp 28.000,- sampai Rp 30.000,- per ons. Karena harga kepiting disini berdasarkan berat kepiting itu sendiri.

Namun kembali lagi ke selera masing-masing orang itu berbeda-beda, mungkin kuliner ini rasanya enak menurut kita, namun tentu belum enak menurut orang lain. Dan sebenarnya masih banyak sekali wisata kuliner Surabaya yang belum terangkum.

Kamu mau coba wisata kuliner Surabaya yang mana? atau sudah punya wishlist wisata kuliner sendiri yang mau dikunjungi?